Sejarah Baru, Wasit Pakai Bantuan Video Rekaman (VAR) di Piala Dunia Antar Klub!

Dalam pertandingan semifinal Piala Dunia Antar Klub 2016, wasit Viktor Kassai memakai bantuan video rekaman, atau istilah kerennya VAR (video assistant referee). Berkat melihat video tersebut, Kassai memberikan hadiah tendangan penalti untuk Kashima Antlers, yang melawan Atletico Nacional.
Selama ini muncul perdebatan tentang penting tidaknya video rekaman dalam membantu wasit. Tetapi FIFA, di bawah era Gianni Infantino mengambil satu langkah maju. FIFA berani menggunakan teknologi VAR untuk dicoba di Piala Dunia Antar Klub tahun ini. Konsepnya sederhana. Jika terjadi sesuatu yang kontroversial, wasit bisa meminta bantuan review video untuk memandunya dalam mengambil keputusan.
Pada masa lalu, hand ball di kotak penalti, pelanggaran abu-abu, bisa lepas dari pantauan wasit. Kini, dengan adanya tayangan ulang dalam siaran langsung, wasit bagai ditelanjangi. Pasalnya, kesalahan wasit yang tidak disengaja bisa diekspos besar-besaran. Dan VAR bisa menutupi kekurangan wasit dalam hal tersebut, secara sempurna.

Tengoklah yang dilakukan wasit Viktor Kassai dalam laga Kashima Antlers vs Atletico Nacional. Menit 32, bek Antlers Daigo Nishi dilanggar di kotak terlarang oleh Orlando Berrio. Awalnya, pelanggaran ini tidak terpantau Kassai. Kemudian ia mendekati pinggir lapangan untuk memantau video rekaman kejadian tersebut. Laga sempat berhenti 44 detik sebelum Kassai menghadiahkan penalti untuk Kashima.
Apakah permasalahan berhenti sampai di sana? Apakah VAR adalah alat ajaib untuk menyelamatkan wasit dari keputusan salah? Sialnya tidak sesempurna itu. Fans Atletico Nacional beranggapan Nishi offside lebih dahulu sebelum dilanggar. Dengan demikian, bagi mereka, Kassai memang tepat jika soal pelanggaran Berrio, tapi seharusnya Berrio tidak perlu melanggar Nishi karena offside tersebut.
Jadi, mau bagaimana FIFA?

radiofreesilverlake.com hnb88 Sumber: Sidomi