Kalah Keempat Kali, Peluang Liverpool Jadi Juara Kian Berat

Liverpool mengalami kekalahan untuk keempat kalinya di Premier League musim ini saat tandang ke markas Hull City Sabtu (4/2). Bermain di di Stadion KCOM, pasukan Juergen Klopp menyerah 0-2.
Dua gol yang bersarang di gawang Liverpool yang dijaga Simon Mignolet dilesakkan Alfred N’Diaye pada menit ke-44 serta Oumar Niasse pada menit ke-84.
Akibat kekalahan ini maka peluang Liverpool untuk menjuarai Premier League musim ini kian berat. Jordan Henderson dan kawan-kawan kini bertengger di posisi keempat, tertinggal 13 poin oleh Chelsea, sang pemimpin klasemen.
Chelsea sendiri sukses meraih kemenangan 3-1 atas Arsenal dalam pertandingan sebelumnya. Ini juga menjadi catatan buruk bagi Klopp yang tak pernah menang dalam lima laga terakhir di berbagai kompetisi. Sebelumnya Liverpool juga tersisih di dua ajang sekaligus yakni Piala Liga dan Piala FA.
Klopp kembali menerapkan formasi menyerang 4-3-3. Trio lini depan akan diisi Sadio Mane, Roberto Firmino serta Philippe Coutinho. Mereka ditopang barisan gelandang Emre Can, Jordan Henderson, serta Adam Lallana.
Pada menit ke-15, bek Hull, Omar Elabdellaoui mengalami pendarahan di hidung akiba benturan keras. Dia harus mendapat perawatan namun tak terlalu lama. Pemain asal Norwegia ini kemudian kembali ke lapangan dengan kaus baru karena kostum sebelumnya berlumuran darah.
Tiga menit kemudian Firmino melepaskan tendangan ke arah gawang. Bola kemudian berbelok dan sepertinya mengenai tangan Andrew Robertson. Para pemain Liverpool meminta wasit Lee Mason memberikan hadiah penalti. Namun sang pengadil tak menggubris.
Liverpool mendapat peluang pertama pada menit ke-21. James Milner mengirimkan umpan silang namun masih bisa ditepis kiper Eldin Jakupovic. Bola lalu ditendang Philippe Coutinho dari jarak sekitar 10 meter. Namun penjaga gawnag Hull itu mampu mementahkan peluang yang didapat pemain Brasil tersebut.
Liverpool bermain tak seperti biasanya. Mereka kerap lambat dalam serangan balik sehingga memudahkan tuan rumah mematahkan serbuan pasukan dari Merseyside ini.
Saat penonton menyangka laga babak pertama akan berakhir tanpa gol, Alfred N’Diaye ternyata mampu memecah kebuntuan. Gol berawal dari keslaahn kiper Simon Mignolet saat berusaha meredam aksi Abel Hernandez meyusul sepak pojok.
Bola kemudian mendarat di kaki N’Diaye. Pemain yang baru saja digaet dari Villarreal ini mampu menjebol gawang Mignolet dai jarak dekat. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan sampai babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, Liverpool berupaya membangun melakukan serangan lebih gencar. Saat pertandingan babak kedua baru berjalan empat menit, The Reds mampu membuat dua peluang sekaligus. Namun dua peluang yang didapat Joel Matip dan Emre Can itu semuanya kandas.
Kiper Hull, Jakupovic kembali menunjukkan ketangguhannya di bawah mistar. Penjaga gawang asal Swiss ini pulalah yang menjadi pahlawan timnya saat menahan imbang Manchester United 1-1.
Kehebatan Jakupovic kembali ditunjukkannya pada menit ke-53. Milner mendapat peluang untuk menyamakan skor namun berkat kesigapan kiper berusia 32 tahun itu, gawang Hull tetap steril.
pada menit ke-56, kiper yang pernah Lokomotiv Moscow ini kembali menjadi kendala bagi Liverpool untuk menyamakan skor. Menyusul sepak pohok, Sadio Mano menanduk bola, Jakupovic pun harus menjatuhkan diri untuk mencegah bola melesak ke gawangnya.
Untuk menambah daya dobrak Liverpool, Klopp memasukkan Daniel Sturridge pada menit ke-66. Pemain Timnas Inggris ini masuk menggantikan Emre Can.
Namun gawang Liverpool justru bobol untuk kedua kalinya pada menit ke-84 melalui aksiOumar Niasse yang baru masuk 20 menit sebelumnya menggantikan Abel Hernandez.
Bek tengah anyar Hull, Andrea Ranocchia berhasil meredam Mane lalu melepaskan umpan jarak jauh kepada Niasse. Penyerang pinjaman dari Everton kemudian sukses memperdaya kiper Mignolet. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.
Susunan pemain:
Hull City (3-5-2): 16. Eldin Jakupovic; 14. Omar Elabdellaoui, 21. Michael Dawson, 5. Harry Maguire, 3. Andrew Robertson; 17. Kamil Grosicki (7. David Meyler 79), 40. Evandro (28. Josh Tymon 61), 8. Tom Huddlestone, 11. Samuel Clucas; 10. Alfred N’Diaye, 9. Abel Hernandez (24. Oumar Niasse 64).
Liverpool (4-3-3): 22. Simon Mignolet; 2. Nathaniel Clyne, 32. Joel Matip, 21. Lucas, 7. James Milner (18. Alberto Moreno 82); 20. Adam Lallana (27. Divock Origi 82), 14. Jordan Henderson, 23. Emre Can (15. Daniel Sturridge 66); 19. Sadio Mane, 11. Roberto Firmino, 10. Philippe Coutinho.

Jaja Suteja/JAS
Sportinglife

radiofreesilverlake.com sbobetasia Sumber: BeritaSatu