Barcelona Tidak Bergantung Pada Lionel Messi? Itu Mustahil!

Demikian yang ditekankan oleh Luis Enrique. Sang pelatih membela timnya yang seakan tak bisa menang jika kehilangan Si Nomor 10. Menurut Enrique, bagaimana mungkin timnya tak mengandalkan Messi, yang berlabel pemain terbaik dunia era ini.
Dalam dua laga terakhir, Barcelona sukses memetik kemenangan atas Leganes dan Atletico Madrid dengan skor kembar, 2-1. Lionel Messi selalu menjadi penentu kemenangan dengan golnya di menit-menit akhir. Padahal, Barca sendiri tidak memeragakan permainan yang cukup bermutu. Namun nyatanya berkat La Pulga, mereka bisa memetik enam poin.
Total sudah 35 gol yang dicetak Lionel Messi sepanjang kampanye musim ini. Selain itu, Messi juga rela turun jauh hingga ke daerah gelandang untuk membantu aliran bola yang lancar ke lini depan; mengingat lini tengah Barca sedang bermasalah. Akibatnya, banyak yang menyebut, dari waktu ke waktu, ketergantungan Barcelona kepada Messi semakin bertambah saja.
Untuk hal ini, Luis Enrique tidak menampik peran Messi. Katanya, Akan naif jika berpikir, kami tidak bergantung pada pemain terbaik dunia (yaitu Messi). Saya harap kami masih bisa bergantung kepadanya dalam tahun-tahun mendatang.

Saya masih menganggap Messi lebih pada posisi penyerang (bukan gelandang). Kadang ia menghabiskan banyak waktu di gelandang untuk membantu kami dalam ukuran jumlah (melawan tim yang memakai formasi gelandang yang ekstra). Tapi saya tidak berpikir ada masalah, apakah ia menghabiskan banyak waktu di sektor gelandang atau depan. Yang penting adalah performanya.
Menurut Luis Enrique, Barcelona yang mengandalkan penguasaan bola adalah tim yang ofensif. Oleh karenanya, Messi berfungsi untuk menyeimbangkan kekuatan timnya. Ia menambahkan, Kunci dari semua ini adalah efektif dalam menyerang dan bertahan, bukan hanya salah satu saja. Kami selalu menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk menyerang daripada bertahan.
Soal Barca yang sedang merosot, Saya tidak berbicara soal yang terjadi dalam satu pertandingan atau laga lain. Kami melihat musim sebagai sebuah keseluruhan. Toh kita belum tiba di akhir kompetisi.

radiofreesilverlake.com sbobetasia Sumber: Sidomi